I LOVE YOU

JUDUL


www.adsensecamp.com

Jumat, 09 Desember 2011

Resensi Buku Jarak Pagar Tanaman Penghasil Biodiesel


JUDUL                         : Jarak Pagar Tanaman
                                       Penghasil Biodiesel

PENGARANG             : Dadang

PENERBIT                   : Penebar Swadaya

TAHUN                        : 2006

JUMLAH HALAMAN      : 131

SINOPSIS :
Tanaman jarak pagar menghasilkan biji yang memiliki kandungan minyak cukup tinggi, yaitu sekitar 30 – 50%. Minyak yang di hasilkan sangat berpotensial sebagai bahan bakar alternatif yaitu biodiesel. Sebagai perbandingan, bahan baku minyak diesel adalah hidrokarbon yang mengandung 8 – 10 atom karbon per molekul. Sedangkan hidrokarbon pada minyak jarak pagar adalah 16 – 18 atom karbon per molekul sehingga viskositas minyak jarak lebih tinggi ( lebih kental ) dan daya pembakarannya sebagai bahan bakar masih rendah. Oleh karena itu, agar minyak jarak pagar dapat di gunakan sebagai bahan bakar ( biodiesel )
maka perlu di lakukan proses transesterifikasi. Proses ini di lakukan dengan menggunakan alkohol seperti metanol. Proses ini mengubah trigliserida menjadi metal ester ( biodiesel ) dan gliserin. Transesterifikasi bertujuan untuk menurunkan viskositas minyak jarak dan meningkatkan daya pembakaran sehingga dapat di gunakan sesuai standar minyak diesel untuk kendaraan bermotor.
KELEBIHAN :
-         Cover buku bagus sehingga dapat menarik pembeli
-         Menambah pengetahuan kita
KEKURANGAN :
Tidak ada yang mengulas masalah teknologi pengupasan dan pemanenan tanaman jarak pagar yang efisien dan efektif. Problema utama di dalam budidaya tanaman jarak pagar adalah di pemanenan dan pengupasan.


Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar